Iklan

Alasan Kenapa Harus Sarjana, Karena Standar Pendidikan Minimal Mulai Bergeser


Banyaknya seminar atau workshop motivasi yang menampilkan orang-orang sukses tanpa pendidikan formal yang memadai seringkali banyak yang disalah artikan. Pola pikir salah tersebut salah satunya adalah buat apa kuliah tinggi-tinggi, toh tanpa kuliahpun bisa sukses. Kisah sukses orang yang tanpa pendidikan tinggi namun bisa sukses jangan disalah artikan. Bagaimanapun kuliah itu sangat penting untuk menambah keterampilan, pengetahuan dan juga wawasan kamu yang menunjang karir ke depannya.
Jikapun ada orang sukses tanpa kuliah itu hanyalah segelintir orang dengan usaha yang jauh di atas rata-rata orang biasa. Itupun masih didukung lagi dengan kesesuaian antara usaha dengan passion yang dia miliki serta lingkungan yang mendukung. Tanpa itu, jika kamu berfikir tidak perlu kuliah, bisa dibayangkan apa jadinya masa depanmu nantinya.
Di era globalisasi seperti ini, kuliah punya banyak dimensi sudut pandang. Namun setidaknya beberapa alasan berikut ini cukup mewakili mengapa kamu harus kuliah di zaman modern seperti ini.


Beberapa Alasan Penting, Mengapa Kuliah Diwajibkan Di Jaman Globalisasi 

pergi kuliah

1. Kuliah Penting untuk Meningkatkan Keterampilan dan Pengetahuan

Sistem pendidikan yang ada saat ini pada level SMA, MA, SMK atau sekolah kejuruan lainnya masih relatif umum, atau jikapun sudah ada penjurusan belum sampai pada level siap kerja dari sisi keterampilan dan pengetahuan. Kuliah adalah proses untuk mengembangkan kemampuan yang sudah didapat di bangku sekolah menengah.
Jika mau fokus orientasi bekerja atau wiraswasta mereka yang lulusan SMA/MA, perkuliahan jalur akademis (sarjana) adalah pilihan yang paling tepat, sedangkan bagi mereka yang lulusan SMK/sekolah kejuruan lain, maka pilihan untuk kuliah di jalur vokasi (diploma) lebih tepat karena berorientasi pada keterampilan kerja praktis yang sudah mereka dapatkan dari sekolah kejuruan sebelumnya. Pada prinsipnya, sekolah menengah itu masih tahap awal, jadi jangan sampai berhenti di situ karena keterampilan dan pengetahuannya masih belum siap untuk bekerja.

2. Jangan Bangga, Kuliah Sekarang Ini adalah Standar Pendidikan Terendah

Jaman sudah berubah, dulu kuliah dan mendapat gelar sarjana merupakan sesuatu yang mewah di mata masyarakat, tapi sekarang jumlah sarjana sudah sangat banyak. Semua lowongan sekarang menggunakan standar minimal ijazah sarjana atau setidaknya diploma dan itupun sebagian besar dari mereka malah belum mendapatkan pekerjaan alias menganggur.
Nah, terbayang bukan, jika yang sudah lulus kuliah saja bisa menganggur, bagaimana yang hanya sampai pendidikan SMA/SMK? Itu mengapa kuliah sangatlah penting.

3. Makin Tinggi Pendidikan, Peluang Kerja juga Semakin Besar

Makin tinggi pendidikan kesempatan karir makin luas. Jika cuma SMA saja, peluangnya juga terbatas. Ingat, saat ini, syarat minimum sebuah pekerjaan bukan sudah SMK lagi tapi minimal sudah DIII atau S1. Apapun pekerjaan yang kamu idamkan, kuliah adalah jalan untuk mendapatkan bekal di dunia kerja nantinya.

4. Kuliah Membuka Wawasan dan Pengetahuan Membuat Pola Pikir Menjadi Lebih Dewasa

Dalam perkuliahan, mahasiswa tidak hanya belajar tentang materi kuliah untuk mendapatkan nilai dan ijazah saja. Pergaulan mahasiswa dalam dunia kampus juga bermanfaat untuk mengembangkan kepribadian dan merubah sudut pandang kita terhadap suatu hal ke arah yang lebih baik. Seringkali, saat bekerja nantinya, orang yang kuliah lebih mampu menyelesaikan masalah dengan kepala dingin, memandang masalah dari berbagai sudut pandang dan juga lebih mampu memikirkan berbagai jalan untuk menemukan solusi dibandingkan dengan orang yang tidak kuliah.

5. Bagi yang Ingin Karir di Dunia Akademis, Kuliah bisa Jadi Jalan untuk Pendidikan yang Lebih Tinggi Lagi

Sistem perkuliahan di tanah air adalah berjenjang mulai dari strata 1, 2 sampai level doktor (strata 3). Bagi yang bergerak di bidang akademis, punya cita-cita jadi doktor merupakan keharusan, atau bahkan jadi profesor, bisa jadi sebuah impian. Untuk mewujudkan cita-cita itu satu-satunya jalan adalah berkuliah setahap demi setahap, jalanilah dulu kuliah sampai tahap S1 baru memikirkan ke tingkat berikutnya.

6. Menuntut Ilmu Setinggi Mungkin Bisa Meningkatkan Serajat Kita di Mata Tuhan dan Manusia

Bagi pemeluk agama apapun pasti ada ajaran untuk menuntut ilmu setinggi mungkin dan terus untuk terus belajar. Misalnya saja sebagai seorang muslim ada keyakinan bahwa mereka yang menuntut ilmu, Tuhan akan meninggikan derajatnya dan menguatkan kedudukannya. Lulusan sarjana tentu saja dipandang lebih baik di masyarakat dibandingkan yang tidak kuliah. Itulah alasan penting kenapa harus kuliah.

7. Dengan Kuliah Kamu Punya Peluang Karir yang Lebih Baik untuk Menjadi Orang Kaya

Inti dari kuliah adalah agar bisa berkarir yang lebih baik lagi untuk sukses dan menjadi orang kaya. Lulusan sarjana punya banyak kesempatan  untuk mendapatkan pekerjaan-pekerjaan bonafit yang mengharuskan memiliki gelar akademik yang tinggi. Coba kamu perhatikan, beberapa direktur perusahaan besar pasti memiliki level pendidikan yang baik.
Profesi keren lain seperti insinyur, dokter dan sebagainya juga akan berbanding lurus dengan gaji yang didapatkan. Di sisi lain, kuliah juga bisa menjadikan orang kaya ilmu dan bermanfaat bagi sesama.

Awas, Hindari Alasan Keliru Orang Melanjutkan Kuliah Berikut Ini

melanjutkan kuliah

Biaya kuliah tidaklah murah, apalagi jika kamu kuliah di kampus swasta. Bagi sebagian orang kuliah adalah barang mewah akibat penghasilan orang tua yang pas-pasan. Biar tidak buang waktu dan biaya, hindari jebakan alasan keliru orang kuliah sebagai berikut:

1. Kuliah Hanya Ikut-Ikutan Teman  atau Sekedar Gengsi

Banyak siswa lulusan SMA/SMK yang awal masuk kuliah itu tidak punya tujuan yang jelas. Mereka bingung mau kuliah dimana, jurusan apa dan nantinya impiannya bagaimana. Kondisi seperti ini membuat mereka sekedar ikut-ikutan teman. Kuliah seperti ini berisiko, karena tanpa keinginan dan niat sendiri yang kuat sebaiknya dibatalkan saja karena yang niat untuk kuliah saja kadang tidak sampai selesai kuliah karena malas dan terjerumus dengan pergaulan yang salah, apalagi yang tidak niat kan?
Bagi yang sedikit punya duit kuliah kadang juga jadi ajang gengsi. Mereka kuliah di kota besar, kampus mewah namun tidak punya tujuan jelas bidang yang akan ditekuni. Hanya sekedar cari sensasi jalan bareng teman-temannya. Hindari kondisi seperti ini. Mahasiswa dan orang tua harus banyak diskusi terkait karir yang ingin diraih nanti

2. Kuliah Karena Paksaan Orang Tua

Orang tua biasanya punya pandangan tertentu terkait masa depan anaknya. Bidang profesi keren seperti dokter, insinyur banker dan sebagainya membuat mereka ingin mengarahkan anaknya agar seperti keinginan orang tuanyan. Apalagi jika orang tuanya sudah sukses di bidang tersebut. Orang tua harus ingat bahwa anak bisa jadi beda dengan keinginan atau kisah sukses orang tuanya. Memaksakan anak untuk bisa seperti orang tuanya hanya akan membuat anak stres dan gagal dalam merencanakan kuliahnya.

3. Kuliah Karena Alasan Lain yang Tidak Masuk Akal atau Terkesan Emosional

Masa remaja seperti lulusan SMA identik dengan beberapa kondisi  mental yang rawan godaan untuk menyimpang. Orang tua harus lebih peka terhadap perubahan kondisi anak. Anak kuliah yang tidak jelas arahnya bisa saja terpengaruh alasan yang tidak masuk akal seperti ingin hidup bebas, malas bekerja dan lain sebagainya. Jika memang alasan ini yang membuat kamu memutuskan kuliah seberapa lamapun kamu kuliah tidak akan pernah menjadi sarjana.

Karena biayanya yang Tidak Murah, Kuatkan Tekad dan Tidak Bermain-main
Untuk meraih impian dan cita-cita, salah satu tahap karir yang harus dilalui adalah kuliah. Biaya pendidikan di bangku perkuliahan tidak murah jadi sebaiknya kamu pikirkan masak masak sebelum memutuskan untuk kuliah. Yakinkan niat kamu kalau kamu memang ingin menuntaskan pendidikan kamu sampai sarjana agar kelak bisa sukses dalam karir dan menjadi kebanggaan orang tua yang telah kerja keras banting tulang membiayai kuliahmu.

Source : cermati.com
DONASI VIA OVO Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.inforudi.com. Terima kasih.

0 Response to "Alasan Kenapa Harus Sarjana, Karena Standar Pendidikan Minimal Mulai Bergeser"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel